Selasa, 06 Mei 2014

Virus MERS atau Middle East Respiratory Syndrome mewabah dan mulai menyebar ke berbagai negara. Segala macam pencegahan pun segera dilakukan oleh pemerintah, terutama untuk melindungi warga negara yang ingin melakukan umroh.

Perlu diketahui bahwa salah satu upaya untuk mencegah penyebaran dan terkena virus ini adalah dengan mencegah keberangkatan kelompok yang memiliki risiko tinggi untuk terkena MERS. Siapakah mereka?
  1. Berusi lebih dari 65 tahun
  2. Menderita penyakit kronis (janrung, ginjal, diabetes, saluran pernapasan seperti ASMA atau TBC)
  3. Wanita hamil
  4. Anak-anak di bawah usia 12 tahun
Dilihat dari golongan berisiko tinggi di atas, tentunya mereka memang memiliki kemungkinan untuk memiliki daya tahan atau imuntias tubuh yang rendah. Maka, Kementrian Kesehatan Saudi Arabia memberikan 8 tips aman untuk bisa terhindar dari virus MERS, khususnya bagi sahabat yang ingin melakukan perjalanan umroh maupun tujuan lain di kawasan Timur Tengah.

  1. Mencuci tangan dengan sabun dan membersihkannya dengan desinfektan khusus setelah batuk, bersin, atau menggunakan toilet. Cuci juga tangan sebelum menyiapkan makanan dan minuman atau kontak dengan orang yang terduga MERS.
  2. Sebisa mungkin hindari menyeka matau atau hidung dengan tangan.
  3. Hindari kontak langsung dengan pasien terduga MERS maupun barang bawaannya.
  4. Menggunakan masker di area publik. Khususnya saat umroh atau beraktivitas di Tanah Suci.
  5. Gunakan tisu untuk menutupi mulut dan hidung saat bersin dan batuk. Buang tisu ke tempat sampah dan segera cuci tangan.
  6. Membiasakan hidup bersih dalam beraktivitas harian.
  7. Cuci sayuran dan buah-buahan sebelum mengkonsumsinya.
  8. Konsumsi banyak sayur, buah, hindari junk food, makanan dengan kadar gula atau sukrosa tinggi.
  9. Olahraga ataupun aktivitas fisik secara teratur.
  10. Perhatikan juga kualitas dan kuantitas istirahat. Diet, olahraga dan istirahat cukup akan meningkatkan sistem kekebalan atau imun.
Selain melakukan 10 tips tadi, sahabat juga boleh melakukan terapi akupuntur dan bekam untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu, beberapa jenis herbal juga terbukti memiliki aktivitas antivirus seperti minyak Virjint Coconut Oil dan kunir putih.

- Tips dan informasi diadaptasi dari Koran Republika 7 Mei 2014-

Ulasan tentang VCO sebagai herbal antivirus alami : http://akupunturjogja.blogspot.com/2012/12/virjint-coconut-oil-antibiotik-dan.html
Ulasan tentang kunir putih http://akupunturjogja.blogspot.com/2012/12/v-natur-solusi-kesehatan-keluarga.html

-Hastrin Hositanisita, S.Gz-







Tagged: , , , ,

0 komentar:

Posting Komentar