Senin, 21 Juli 2014

Kebutuhan kalsium yang tinggi, tidak hanya bisa dipenuhi secara mainstream dengan mengkonsumsi susu. Tidak dipungkiri, sebagai orang Asia, banyak yang mengalami alergi susu atau sering disebut lactose intolerance. Dan tentunya tidak perlu memaksakan diri untuk mengkonsumsi produk susu jika memang tubuh kurang bisa menerimanya. Karena sebenarnya, masih banyak bahan makanan yang mengandung kalsium tinggi dan sangat mudah ditemukan. Salah satunya adalah tahu. Makanan terbuat dari sari kedelai ini mengandung kalsium yang setara dengan susu dalam porsi yang sama. Sayangnya, tahu menjadi salah satu sasaran pedagang yang kurang bertanggungjawab dalam hal pemberian formalin. 

Bagaimana Cara mudah mengetahui tahu yang mengandung formalin dan tidak?

  • Semakin tinggi kandungan formalin, maka tercium bau obat yang semakin menyengat; sedangkan tahu tidak berformalin akan tercium bau protein kedelai yang khas;
  • Tahu yang berformalin mempunyai sifat membal (jika ditekan terasa sangat kenyal), sedangkan tahu tak berformalin jika ditekan akan hancur;
  • Tahu berformalin tidak rusak sampai tiga hari pada suhu kamar (25 derajat celcius) dan bertahan lebih dari 15 hari pada suhu lemari es, sedangkan yang tak berformalin paling hanya tahan satu dua hari.
  • Tekstur permukaan lebih halus
  • Tahu yang memakai pewarna buatan dapat ditandai dengan cara melihat penampakannya. Jika tahu memakai pewarna buatan, warnanya sangat homogen/seragam dan penampakan mengilap. Sedangkan jika memakai pewarna kunyit, warnanya cenderung lebih buram (tidak cerah). Jika kita potong tahunya, maka akan kelihatan bagian dalamnya warnanya tidak homogen/seragam. Bahkan, ada sebagian masih berwarna putih.
Berikut foto step by step megetahui ada atau tidaknya formalin dalam tahu


  1. Metode Penekanan




Tahu mengandung formalin akan terasa lebih kenyal dan keras
Tahu tanpa formalin akan mudah hancur, meski hanya ditekan


 2. Metode Menjatuhkan




Tahu berformalin tetap kenyak dan tidak 'cuil' meskipun dijatuhkan
Tahu tanpa formalin akan terlihat ada bagian yang hancur

3. Meletakkan di Udara Terbuka


 Tahu berformalin pastinya tidak akan dihinggapi semut apalagi lalat




Sumber:


Hastrin Hositanisita, S.Gz



Tagged: , , , ,

0 komentar:

Posting Komentar