Sabtu, 26 Oktober 2013

Dalam QS AN-Naba ayat 9-10 Allah bersabda ‘dan Kami jadikan tidurmu untuk istirahat. Dan kami menjadikan malam sebagai pakaian'. Bahkan di dalam Al Quran juga ada satu surat khusus dengan arti kata malam yaitu QS AL-Lail. Sebagai muslim, tentunya kita tidak bisa mengabaikan dan membiarkan firman-firman khusus dari Allah ini, salah satunya adalah tentang malam. Allah sudah menciptakan malam dan siang bergantian pastinya memiliki fungsi dan tujuan sendiri, secara khususnya untuk kesehatan manusia.

Salah satu anugerah Allah yang diberikan ketika malam adalah tidur. Tidur menjadi salah satu kunci penting bagi manusia jika ingin memiliki kualitas kesehatan yang prima. Karena ketika tidur terjadi berbagai perbaikan sel-sel, jaringan, detoksifikasi dan beberapa hal menakjubkan yang mungkin tidak pernah kita bayangkan sebelumnya.

Proses Metabolisme Tubuh Yang Menakjubkan Saat Tidur
  1. MataKetika kita tidur nyenyak atau lebih sering dikenal dengan deep sleep. Terjadi sebuah pergerakan mata yang disebut Rapid Eye Movement (REM). Pada kondisi ini, seringkali orang mengalami mimpi. Dan dalam kondisi ini pula, tubuh benar-benar dalam kondisi rileks yang membantu kita untuk bisa tetap tidur.
  2. OtakTidur adalah aktivitas sangat penting bagi cortex cerebral (bagian otak yang berfungsi untuk berpikir). ‘Kekenyalan’ otak, yang membantu kita dalam proses belajar dipertahankan dengan tidur.Kurang tidur membuat kita merasa tidak bisa mengendalikan diri, menjadi iritabilitas atau sensitif, kurang fleksibel dalam berpikir kurang mampu menghadap beberapa hal yang tidak diinginkan.
  3. Jantung dan DarahSelama tidur, detak jantung dan tekanan darah turun sektiar 10%. Orang-orang yang tidur 7-8 jam dalam semalam memiliki kemungkinan terkena penyakit jantung yang lebih rendah. Penelitian di Norwegia menemukan bahwa orang yang insomnia, berisiko 45% lebih tinggi terkena serangan jantung.
  4. Hormon Saat tidur terjadi pelepasan hormon yang memicu massa otot dan memperbaiki sel-sel dan jaringan tubuh. Kurang tidur bisa memicu obesitas karena ketidakseimbangan hormon yang meregulasi nafsu makan. Tidur yang berkualitas membantu menurunkan hormon ghrelin, yang memicu nafsu makan. Dan menaikkan kadar hormon leptin yang memberikan sinyal pada tubuh bahwa Anda sudah kenyang.
  5. Kekebalan TubuhKurangnya kualitas tidur bisa mengganggu kemampuan sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi. Membuat tubuh menjadi lebih mudah terkena virus yang menyebabkan beberapa kondisi seeprti flu dan batuk. Peneliti dari Carnegie Mellon University menemukan bahwa tidur kurang dari 7 jam sehari menurunkan kemampuan tubuh untuk memproduksi antibodi.
  6. Suhu TubuhHanya sesaat setelah kita tertidur, suhu tubuh turun, untuk memastikan agar kita bisa tidur dengan baik. Sejumlah penelitian menemukan bahwa orang yang mengalami insomnia memiliki suhu tubuh yang lebih hangat daripada orang yang bisa tidur dengan normal. Kondisi ini menunjukkan orang yang insomnia harus ‘berjuang’ untuk bisa tidur.
  7. KulitWajah yang segar sesaat setelah kita bangun dari tidur malam mungkin hanya terjadi secara sementara karena terjadi akumulasi cairan dibawah kulit. Tidur juga memberi kesempatan pada kulit untuk ‘direparasi’ oleh hormon pertumbuhan yang keluar di malam hari.
Beberapa Dampak Insomnia
  • Kelelahan
  • Sangat moodi
  • Irritability atau menjadi lebih mudah marah
  • Mengantuk sepanjang hari
  • Kurang konsentrasi
  • Memory yang buruk/sulit mengingat
  • Kualitas kerja dan sekolah yang kurang baik
  • Kurang motivasi atau energi
  • Sakit kepala atau tertekan
  • Gangguan lambung
  • Kecenderungan terjadi kecelakaan ketika kerja
Lebih jelasnya, menurut penelitia sekitar 83% orang insomnia menjadi mudah marah, iritabilitas, terganggu (annoyed). 78% merasakan musah lelah untuk beraktivitas. 59% mengalami kesulitan dalam mengingat. 43% menjadi bingung ketika harus berpikir. Secara umum, orang insomnia memiliki karir yang lebih buruk dibandingkan yang memiliki pola tidur yang baik.
Bahkan insomnia pun memiliki dampak ekonomi yang luar biasa. The National Commission of Sleep Disorders Research (NCSDR) di Amerika mengungkapkan fakta tentang estimasi dampak ekonomi akibat insomnia pada tahun 1990 adalah sekitar 15.4 juta dollar.

Gejala Insomnia
  • Membutuhkan waktu dan suasana serta kondisi khusus untuk bisa tidur.
  • Kesulitan untuk tidur nyenyak sepanjang malam, sering terbangun sepanjang malam.
  • Bangun terlalu pagi dan sulit untuk bisa tidur lagi
  • Kualitas tidur yang buruk ditandai dengan badan yang tidak fit ketika bangun
Prevalensi Orang dengan Insomnia
Sekitar 30% orang dewasa memiliki gejala insomnia. Sekitar 10% orang dewasa yang mengalami insomnia berpengaruh terhadap kualitas hidupnya sepanjang hari. Kurang dari 10% orang dewasa yang memiliki insomnia kronis

Bagaimana Menuntaskannya?
Akupuntur
Menurut penelitian klinis, akupuntur sangat baik untuk membantu mengatasi insomnia. Beberapa hal yang membuat akupuntur sangat baik bagi penderita akupuntur:
  • Meningkatkan produksi hormon melatonin endogen.
  • Menstimulasi produksi opioid (terutama b-endorphin) dan aktivitas reseptor µ-opioid (memberikan rasa nyaman dan tenang).
  • Meningkatkan aktivitas nitrit oksida sintase dan kandungan nitrit oksida, yang bisa membantu fungsi kerja jaringan otak menjadi normal.
  • Meningkatkan aliran darah ke otak
  • Menurunkan aktivitas sitem syaraf simpatis, sehingga meningkatkan relaksasi
  • Membantu regulasi neurotransmitter seperti serotonin, noradrenalin, dopamine, GABA dan neuropeptida, sehingga mengubah aktivitas mood otak untuk membantu relaksasi dan menurunkan tekanan atau stress.
  • Salah satu penelitian juga menyebutkan bahwa efektivitas akupuntur untuk insomnia mencapai 91% dibandingkan dengan obat benzodiazepines yang hanya 75%.

Pondok Holistik Indonesia
Jalan Damai Gg Sunan Muria no. 5
Jaban, Ngaglik, Sleman


0878 3966 0590
0274-851 6868


Tagged: , , ,

0 komentar:

Posting Komentar